Oleh
:
HANA
KURNIAWAN
08403244039
ABSTRAK
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang
bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung
Mutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun
Ajaran 2011/2012 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS). Penelitian ini
dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan selama dua siklus.
Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Analisis
data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan
menarik kesimpulan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan
membandingkan perolehan skor Motivasi Belajar Akuntansi dengan skor maksimum
kemudian dipersentasekan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Motivasi Belajar
Akuntansi Kompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X
Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang dibuktikan
dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 16,28%
dari sebelum penerapan Pembelajaran
Kooperatif Teknik Think Pair Share
(TPS) sebesar 53,31% meningkat menjadi 69,60% di siklus 1. Selanjutnya dari
siklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar 11,47% atau diperoleh
skor sebesar 81,07%. Selain itu berdasarkan angket yang didistribusikan kepada
siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skor Motivasi Belajar
Akuntansi siswa sebesar 4,18% dari skor siklus 1 sebesar 70,86% ke siklus 2
sebesar 75,04%. Dengan cross check
yang dilakukan melalui wawancara diperoleh pula hasil bahwa sebagian besar data
yang diperoleh konsisten dengan data
observasi dan data angket.
No comments:
Post a Comment