Lewat sini aja

"KHAYALAN ITU TIDAK REALISTIS, TAPI USAHA KITA UNTUK MENCAPAI KHAYALAN KITA AKAN MENGUBAH ITU MENJADI SANGAT REALISTIS"---"SUKSES ITU SAAT KITA BANGKIT DARI KEKALAHAN YANG SANGAT"---"SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA ADALAH YANG MEMBERIKAN MANFAAT BAGI ORANG LAIN"---"GAGAL ITU ADALAH CARA ALLAH MENUNJUKKAN KEPADA KITA JALAN YANG AKAN MEMBUAT KITA SUKSES"

Sunday, March 21, 2010

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS UNTUK ORANG DEWASA

Pendidikan IPS memang lebih dekat dengan para siswa yang masih sekolah, mereka mendapatmata pelajaran IPS di sekolah. paradigma yang berkembang saat ini adalah dikeluhkan bahwa pendidikan IPS yang diajarkan dulu kurang memberikan akibat yang baik sesuai dengan tujuan mata pelajaran ini yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala ketimpangan yang terjadi, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari, baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat secara umum.
orang-orang yang mengenyam pendidikan IPS jaman dulu kurang mendapatkan nilai-nilai yang termuat dalam tujuan Pendidikan IPS di atas, sehingga masyarakat sekarang/ orang dewasa(anak-anak sekolah dulu)perlu untuk mendapatkan nilai-nilai Pendidikan IPS yang dibutuhkan sekarang ini.
bagaimana Pendidikan IPS dapat diterapkan bagi orang dewasa?
1. orang dewasa dapat diberikan atau ditransfer nilai-nilai Pendidikan IPS melalui pembelajaran kasus dalam masyarakat. orang dewasa adalah bagian dari masyarakat yang sudah di anggap dalam masyarakat dan mereka tentu telah di akui.
2. pendidikan IPS dapat diberikan oleh anak kepada orang dewasa. hal ini dapat dilakukan tentu jika dengan cara yang tepat sehingga orang dewasa mampu menerima nilai-nilai baru yang tertanam dalam Pendidikan IPS.
3. orang dewasa dapat belajar melalui masalah-maslah sosial disekitarnya. perkembangan masyarakat tentu juga memberikan dampak yang berbeda terhadap timbulnya maslah sosial yang ada. jaman dulu masalah sosial yang berkembang tentu akan berbeda dengan maslah sosial yang timbul sekarang dan tentu membutuhkan penyelesaian yang berbeda juga, sehingga ini dapat digunakan untuk pembelajaran IPS.
4. belajar dengan keluarga mungkin juga dapat dilakukan. misalnya dalam sebuah keluarga akanberkembang sebuah interaksi yang akan berakibat pada semua aspek sosial baik masalah, solusi dan lainnya.
beberapa hal di atas adalah yang saya rasa dapat digunakan untuk pembelajaran IPS bagi orang dewasa, tetapi semoga ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment