Lewat sini aja

"KHAYALAN ITU TIDAK REALISTIS, TAPI USAHA KITA UNTUK MENCAPAI KHAYALAN KITA AKAN MENGUBAH ITU MENJADI SANGAT REALISTIS"---"SUKSES ITU SAAT KITA BANGKIT DARI KEKALAHAN YANG SANGAT"---"SEBAIK-BAIKNYA MANUSIA ADALAH YANG MEMBERIKAN MANFAAT BAGI ORANG LAIN"---"GAGAL ITU ADALAH CARA ALLAH MENUNJUKKAN KEPADA KITA JALAN YANG AKAN MEMBUAT KITA SUKSES"

Tuesday, January 26, 2010


APAKAH KITA AKAN HIDUP DENGAN AKADEMIK SAJA?
Jika kita mendengar pertanyaan itu, kira-kira jawaban apa yang pertama kali muncul dalam pikiran anda? Apakah anda akan menjawab “ya” atau “tidak”, saya yakin anda semua menjawab tidak. Dan anda akan beralasan, masih banyak factor lain yang mempengaruhinya. Jawaban itu benar, tetapi kali ini saya tidak akan membahs semua factor yang dimaksudkan, tetapi saya akan mempersempitnya yaitu membandingkan antara akademik dan kemampuan berorganisasi atu bermasyarakat.
Orang yang hidup dengan kemampuan akademik saja, apakah akan sukses? Kalau saya menjawab “tidak”. Mengapa saya mengatakan “tidak”, karena ketika seseorang itu hidup tetunya dia tidak akan hidup sendiri, pasti akan bersosialisasi dengan individu-individu lain. Untuk berinteraksi dengan orang lain apakah kita akan menggunkan kemampuan akademik? Tentu tidak , tetapi lebih tepat jika kita menggunakan kemampuan bermasyarakat kita.
Orang yang hidup dengan kemampuan bermasyarakat saja juga tidak akan bisa sukses. Karena tanpa ia mengetahui akademik bagaimana ia akan mengerti apa yang harus dilakukannya sehingga ia dapat mencapai sukses tersebut. Dia sudah tahu bagaimana cara melewati sebuah jalan tetapi ia tak tahu jalannya yang mana. Jika seperti ini maka kemungkinan seseorang akan sampai pada kata “sukses” akan menjadi sulit.
Setelah kita pahami kedua paragraph di atas, pasti kita semua tahu seperti apa yang terbaik. Yang terbaik adalah kita mempunyai kemampuan akademik tetapi kita juga tidak lupa akan kemampuan bermasyarakat kita.
MENGAPA SESEORANG PERLU BERORGANISASI/BERMASYARAKAT?
Manusia bukanlah makhluk individu tetapi kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk social. Devinisi sederhana dari maakhluk social adalah tidak bisa hidup sendiri. Dalam organisasi tentu tidak hanya terdiri dari satu orang saja, tetapi bebrapa orang tergabung menjadi satu dalam wadah organisasi tersebut. Dengan adanya banyak orang di dalamnya kita dapat berinteraksi dengan yang lain. Hal ini nantinya dapat kita terapkan dalam masyarakat karena nantinya kita akan hidup dalam masyarakat. Alas an sederhananya yaitu kita berorganisasi adalah untuk melatih kita untuk hidup bermasyarakat.

Seorang organisatoris pasti lebih mempunyai charisma sebagai seorang pemimpin yang lebih dibandingkan dengan orang yang tidak berorganisasi. Dalam organisasi kita dituntut untuk menggunakan kemampuan kepemimpinan kita, sehingga karena terus di latih maka kemampuan itu akan terus berkembang membaik.

Hal yang bisa kita dapat dari berorganisasi adalah melatih tanggungjawab kita, baik terhadap diri kita sendiri ataupun terhadap orang lain. Dalam organisasi kita diberikan jabatan yang menuntut sebuah tanggungjawab yang tentunya perlu diperhatikan dan dilaksanakan, secara tidak langsung bukankah ini melatih kita bertanggungjawab.

No comments:

Post a Comment